Rabu, 19 Oktober 2005

Mengatasi Rasa Kantuk

Anda tentu pernah merasakan rasa kantuk yang tak tertahankan, tak terkecuali saya. Tadi malam, saat sholat isya dan tarawih di masjid, saya diserang rasa kantuk yang luar biasa. Jika terjadi hal seperti itu, jangankan khusyu, menahan kantuk saja sudah membutuhkan energi yang sangat besar.


Rasa kantuk biasanya terjadi karena capek setelah seharian bekerja, dan tubuh mengajak kita beristirahat. Selain itu makanan yang kita konsumsi pada saat berbuka puasa juga memberikan kontribusi kepada rasa kantuk. Meskipun tidak sangat kenyang, tetap saja kita memerintahkan lambung untuk bekerja, apalagi jika kekenyangan. Dan yang tidak eksak, yaitu godaan syetan. Lebih susah dideteksi, tetapi bisanya akan menanamkan rasa malas. Dan rasa malas akan membawa kita pada suasana ngantuk.

Jika saya cermati, ternyata kantuk itu mempunyai sebuah pola. Pertama, jika mengantuk dan kita menyerah, maka kita akan cepat untuk tidur. Kedua, rasa mengatuk itu seperti parabola terbalik, jika kita sanggup bertahan sampai pada titik puncaknya, maka rasa mengantuk itu akan semakin hilang. Ketiga, rasa mengantuk itu bisa terputus jika ada sesuatu yang membuat seseorang surprise, sangat senang, marah, mendengar sesuatu yang membuat kita tertawa terbahak-bahak dan terkejut. Beberapa perlakuan fisik juga bisa memutus rasa kantuk.


Untuk menghilangkan rasa kantuk, sedangkan saya belum pengin tidur, seperti peristiwa yang saya alami, maka biasanya saya melakukan beberapa tips berikut :


Memberikan perlakuan fisik kepada tubuh. Cara ini cukup aman bagi kesehatan, dan tidak mengandung efek samping, misalnya menggerak-kepala, tangan, tubuh, atau memijat-mijat leher telapak kaki dan telapak tangan. Dengan melakukan cara ini diharapkan akan memperlancar peredaran darah, sehingga mengurangi rasa kantuk. Tadi malam saya mencoba cara ini, kantuk sempat hilang sebentar tetapi datang lagi sampai rakaat ke empat sholat tarawih.


Membasuh muka dan tengkuk dengan disertai menekan-nekan wajah. Cara ini akan menimbulkan rasa segar pada tubuh, sehingga menghilangkan rasa kantuk. Tadi malam saya mencobanya dan hasilnya sangat mujarab. Rakaat ke 5 sampai ke 8 saya tidak mengantuk lagi. Saya jadi faham, mengapa guru fisika SMP saya dulu, jika melihat anak mengantuk maka dia diminta slulup(merendam kepala ke air).


Mengkonsumsi makanan yang mengandung nikotin atau kafein (doping). Saya tidak begitu menyarankannya, terutama menghilangkan kantuk dengan merokok(nikotin). Memang cara ini banyak dilakukan oleh para sopir agar tidak mengantuk. Dan kalau anda cermati, orang-orang yang senang begadang rata-rata adalah perokok. Tetapi menurut peringatan pemerintah, merokok dapat mengganggu kesehatan, jantung, kehamilan, dan janin. Juga dalam agama, merokok sangat tidak dianjurkan. Sebagian mengatakan makruh, dan sebagian lainnya mengatakan haram. Jika memang anda harus lebur, maka gunakan saja kopi misalnya. Saya sendiri terkadang meminum kopi untuk menghilangkan kantuk. Kopi tree in one lebih saya sukai, karena memang saya termasuk orang yang tidak tahan dengan minuman kopi. Jika saya meminum kopi murni(tanpa campuran), maka perut saya menjadi sakit dan mulas. Jadi, jika terpaksa meminum kopi, maka jangan terlalu banyak, karena kafein juga kurang baik bagi tubuh. Selain kopi saya pernah mencoba minuman suplemen seperti ExtraJoss. Bisa digunakan untuk berjaga dan tidak sakit di perut, hanya saja jika sering mengkonsumsi minuman seperti ini, saya masih takut pengaruhnya terhadap kesehatan.


Pada dasarnya cara menghilangkan kantuk dengan doping tidaklah bagus, karena pada dasarnya tubuh dipaksa untuk terus bekerja meskipun sudah lelah. Dan efeknya besuknya badan kita akan lebih capek.


Begitulah beberapa cara mengatasi kantuk yang saya ketahui. Silahkan menambahkan tips lainnya. Siapa tahu lebih manjur, terutama bagi orang yang tidurnya sebelum jam 9 malam dan bangunnya setelah jam 5 pagi :D


Udah ah ngantuk !


---------------------------------------------
Ditulis jam 9 sampai jam 10 malam dengan bantuan Kopi Good Day Tree in One.
Gambar diambil dari http://www.safety-council.com/news/article26.asp

52 komentar:

  1. mengantuk itu obatnya tidur.....

    saya kalau dapat shift malam bawaannya tidur mulu :P , masuk absen langsung molor .......

    setelah semua di check tentunya dan di otomatis kan ..

    asyiiik

    BalasHapus
  2. Ngantuk.... ya tidur donk Pak Master !
    Gitu aza koq repot-repot :D

    BalasHapus
  3. Suhu. Kalo ada AC set sekitar 18-19 C. Dingin yang amat sangat mencegah kantuk.
    Parameter : hidung terasa dingin, jari tidak berasa di kibord.

    Lakukan hal ini seperlunya, dijamin manjur.

    BalasHapus
  4. memang saya seperti yang diatastu... trimakasih y... atas artikelnya ini..

    BalasHapus
  5. mo tanya nih boleh kan?
    kenapa kalau aq ngantor di pagi hari bawa'annya ngantuk mulu' padahal aq tidur y pukul 10 mlm ada ngak cara paling mujarab untuk ngilangin itu.trims trik diatas uda tak coba tp kurang efektif

    BalasHapus
  6. aduh ngntuk itu susah bgt sih diatasi,mmng sih obatnya tidur tp,klw dikantor gimna bisa?gimn yah solusinya...minum kopi sdh,tp masih nantuk...Tolong dong
    thnks yaaaa

    BalasHapus
  7. kasian deh lo olta....
    cara mengatasi ngantuk dikantor:
    1.gerak2in badan mkn pada saat duduk
    2.jalan2 aja kesekitar ruangan/mampir keruangan teman
    3.usilin aja temen biar jadi ketawa
    4.makan yng seger2
    5.dengerin musik pake handsfree
    6.cuci muka
    7.kirim email atw chatingan aja sm temen2,cari bahan yang lucu buat diketawaiin
    kayanya segitu aja deh ntr klw ada lagi gw kasih tau ya....
    selamat mencoba

    BalasHapus
  8. bener banget, saya suka bgt ngatuk pada jam 11 siang, kalau malam biasanya jam 10 udah tidur, insyaallah tipsnya sangat berguna. terimakasih ya......

    BalasHapus
  9. Coba minum kopi + sedikit garem...

    BalasHapus
  10. ya... neh mesti sepulang kerja aku ngerasa capek banget,,, biz gt ngantuk deh
    padahal malemnya aku masih ada kuliah, gimana ya,, caranya supaya badan tetap fresh dan gak ngantuk an gituuu
    beri solusi yach

    BalasHapus
  11. Assalaamu'alaikum
    Wah, rata2 sih tips2 di atas sudah lengkap Mas! Jos deh pokoknya! Cuma beberapa tambahan, ini dari teman saya.
    0. Mandi, setelah itu air yang di rambut dibiarin aja ketes2... Jadi ga dihandukin gituh.. :P
    1. Minum air putih yang banyak. Ini katanya sih menjaga metabolisme, ga tau bener apa nggak. Tapi saya udah pernah coba, ndak ngaruh! :)

    Wassalaam

    __bowo;

    BalasHapus
  12. wah...hal yang paling tidak bisa tahan adalah ngantuk!!!Sebel deh..banyak tugas yang terbengkalai,,banyak cara yang saya lakukan untuk menahan kantuk..tapi...ga ngaruh..???Kayaknya, hanya tekad yang KUAT dalam diri..yang bisa ngilangin kantuk
    haturnuhun..

    BalasHapus
  13. wuah pastinya akan dicoba karena saat ini sedang mengantuk ................
    ^-^ ZZZzzzzzzzzz....

    BalasHapus
  14. makasih atas saran2nya dalam artikel, setidaknya ini bisa membantu...mungkin besok-besok ditambah lagi kiat-kiatnya dalam menghadapi rasa kantuk...........ngantuk nich..udah ya............

    BalasHapus
  15. AMBIL 10 BIJI CABE RAWIT
    TRUS DITUMBUK AMA SAHANG
    AND DIMINUM DIKIT-DIKIT,
    100% RASA NGANTUK KABUR !!!

    BalasHapus
  16. wah, lumayan juga tips nya
    Tapi, nurut gue obat ngantuk yang paling manjur adalah tidur dari jam 7 malam sampai jam 7 pagi

    BalasHapus
  17. masukan neeh buat yang ngantukan....

    klo abis pulang kerja...
    sebelom tidur mandi dulu...
    basahin dari rambut...
    ini untuk merilexkan tubuh...

    gw jarang gelakuin seh...
    tapi ne ilmu gw dapetin waktu kuliah...
    dosen yang kasih tau...
    bole dicoba...

    Met bobo zzzzz

    BalasHapus
  18. gampang... make gula pasir...
    caranya ambil gula pasir kira-kira segenggeman tangan, trus taburin deh di mata...

    sori-sori, intinya sih sebelum kena ngejala ngantuk, pratiin makanannya dan minumannya. lambung itu kecil, sepertiga buat makanan, sepertiga buat minum, sepertiga lagi buat NAFAS (ini sepertiga yang paling penting, dibuat seperdua lebih bagus lagi), dan jangan suka bersandar (dengan punggung atau dagu atau sikut).

    BalasHapus
  19. jdi maw th cra mengatasi rsa ngantuk gw pny tips nih lo bs cb nya yaitu kl tb2 rasa ngantuk tb2 dtang lo ckup makn-makanan yg pedas2 atu lo bli makan-makanan ringan untk cemilan diwaktu lo lg g krj asyk kan cra gw n tips gw selain kenyang n p lg ditemanin m cewek cantik psti rasa ngantuk lo hilang pasti di jamin 100,,,,,,(anisar)

    BalasHapus
  20. Mengatasi rasa kantuk itu dengan pikiran yg utama. Anggap aja tugas itu adalah urgent/deadline. Pasti bakal melek tu mata.. Atau dengan mandi, juga berwudhu lalu berdoa agar hati kita dilindungi malaikat Allah dari godaan setan ngantuk, yakinlah Allah pasti akan kirim malaikat untuk bantu kamu.. Kalau masi ngantuk mending loe nyebur aja dibak mandi, kumur2 dan sikat gigi pake sambal huahahaha just kidding;)

    BalasHapus
  21. mgantoknya...:((
    bnyk keja ni...;)

    BalasHapus
  22. bagi saya untuk mengatasi ngantuk dengan cara menyuruh teman sebangku untuk mencubit saya saat kantuk jadi mengalami kaget

    BalasHapus
  23. Boleh saran, kalau mau.

    kalau sudah ngantuk sekali. ibu jari keduanya digoso2 hingga terasa panas, lalu tempelkan kekelopak mata. isyaALLAH ngantuk pun pergi.

    BalasHapus
  24. Boleh juga tuh saranya...!!!

    Tp kalo boleh saya menyarankan lagi,,,
    di coba deh makan makanan yang rasanya pedas...
    ya,,seperti rujak lah contohnya...

    selamat mencoba ya...

    BalasHapus
  25. kerokan aja., tapi kerokan dimuka ntar ngantuknya pada takut

    BalasHapus
  26. k'lo ngantuk y dgr musik aza yg kenceng ngantukx pasti kabur ha...ha...ha.............................

    BalasHapus
  27. ngantuk wajar. tp jgn sampe ketiduran. caranya gampang banget. cegah supaya kelopak mata kita gak ketutup. sering-sering kedip-kedip. kalo udah terasa mo nutup belalakin lagi mata kita. kalo makin susah diganjal aja pake pentul korek. selamat mencoba.

    BalasHapus
  28. Wah semua hampir komentar tampaknya belum pertimbangkan PUASA nih.... Menurut gw, obat ngantuk untuk yang lagi pws begini neh:
    Ambil kopi [ kopi apa aja; ABC, KAPAL API ke or yang lain, ga pa2!!
    Ambil tuh kopi kira2 dua sendok makan, ....
    Seduh dengan air hangat [inget TANPA GULA!!] KIRA2 JADI 1gelas
    Dah gitu, GUNAKAN UNTUK CUCI MUKA....
    BIARKAN selama 1 jam
    Dijamin mujarab!!!
    BAYANGin kalo PAKAI GULA.... bisa2 MUKA JADI seemuuuttaaaan!!

    BalasHapus
  29. assalm...

    menurut saya kalo mengantuk itu menandakan badan kita butuh istrirahat
    sama aza dengan mesin butuh istrirahat.
    kalo mengantuk terus dipaksa pake doping minum kopi atau yang lainya itu tidak baik karena kerja jantung kita dipaksa alias tidak normal...
    ya ok kita bisa ambil kopi.....tapi ingat diwaktu kita masi muda kita biasa-biasa aza tapi kalo nanti tua bisa kena sakit jantung....ya dari pada begitu kan lebih baik istrirahat.kata nabi ...jaga sehat sebelum sakit mu..jaga hidup sebelum matimu...jaga muda sebelum tua mu..


    jalan ni aza hidup ini rilex santai seperti air yang mengalir
    insya allah swt,kita jauh dari tekanan hidup....yang bisa menimbulkan penyakit.

    BalasHapus
  30. kemampuan bekerjanya seseorang itu terbatas dan butuh istrirahat...jangan dipaksa bukan mesin yang rusak pasti ada suku cadangannya tapi kalo tubuh kita sakit semua jadi berantakan..

    ambil yang baik dan buang yang mudorotnya.
    tidur itu penting untuk menormalakn sistem syaraf kita dan kesehatan jantung kita.


    http://4wand4.wordpress.com

    BalasHapus
  31. ya kalo ngantuk tidur aja,kok susah

    BalasHapus
  32. aq..... binggung sama rasa mgantuk... klu hari mendukung rada dingin... pasti jd ngantuk berat deh...

    BalasHapus
  33. . boleh gag mnta saran ?
    . aku punya masalah , knapa ya setiap pagi disekolah aku slalu kena virus ngantuk ?jd plajarannya gag masuk ..
    . dah gitu ssah dserap,gmpg lupa jg ..

    BalasHapus
  34. #37. a. Kurang Tidur
    b. Kurang Gizi
    c. Tekanan Darah Kurang
    d. Kurang Darah

    Kesimpulannya pergilah ke dokter :D

    BalasHapus
  35. mnum kopi...tapi yg paling mujarab tidur

    BalasHapus
  36. malam hari kita sudah tidur banyak,eh bangun pagi setelah sarapan roti dan kopi,rasa kantuk timbl lagi.gimana cara atasinya ya?

    BalasHapus
  37. suatu saat kita perlu begadang...
    wanda lengeh...

    BalasHapus
  38. minum extra joss..
    secara minuman ini mengandung unsur kimia yg mempercepat pacu jantung.. namun jika memang urgent, disarankan lebih baik push up 5 kali, itu saja sudah cukup dan menyehatkan ^^

    BalasHapus
  39. ehm.........................



    dah mgkonsmsi yg mgandug nikotin kok msih gntuk w.....

    BalasHapus
  40. duh...
    klo dulu waktu jamanya aku msh scool...
    biasanya kt bwa bedak bayi,so...
    pas kt ngantuk tu bedak kt taburkan diskitar kelopak mata...
    trus ambil kaca buat liat...

    BalasHapus
  41. waaahhh boss tetep ngantuk nih.........wwwwuuuuuuaaaaaahhhhmmmm....garing kaye kerupuk nyu--nyum

    BalasHapus
  42. obat kantuk yang terbaik adalah tidur...
    tp jgn kbanyakan tidur,.,.begitu juga jgn kbanyakan bekerja.,.,
    hidup,.,dan hiduplah yang sesuai.,..

    @nikotin ; malah mmbuat dan menambah kantuk (mnurut saya)

    BalasHapus
  43. apakah ada kemungkinan klo sering mengantuk disebabkan karena penyakit?
    Masalah yang saya hadapi mau kurang tidur ato cukup tidur tetep aja ngantuk...............
    Jaam 8 pgi ja rasa kantuknya dah nyerang...........
    kelopak mata serasa berat sekali untuk dibuka.........

    BalasHapus
  44. #48 Bisa mbak, seperti kurang darah, tekanan darah rendah, kencing manis, kurang gizi bisa menyebabkan ngantuk berkepanjangan.

    BalasHapus
  45. mengantukkkkkkkkk
    kopi gak ngaruh.......
    trus piye ya?

    klo basuh muka ntar basah mukanya hheheheheheh

    BalasHapus
  46. saya seorang pelajar berusia17th .setiap pagi di skul saya merasa malas untuk belajar karena saya merasa mengantuk dan mood saya kurang baik
    gmana mengatasinya????????????

    BalasHapus
  47. sayang y semua tips di atas sdh aku jalani,tapi hasil y msh nihil tuh,ada tips lain g yang lebih ampuh?thank u ya atas tips ya.

    BalasHapus