Selasa, 20 Juni 2006

Penghasilan Tambahan

Mengapa saya berbicara tentang penghasilan tambahan ? Apakah gaji saya tidak cukup ? Sebenarnya ini bukan masalah cukup atau tidak cukup. Mungkin lebih dari cukup jika dibandingkan rata-rata gaji karyawan. Secara kesyukuran saya memang layak untuk bersyukur, namun berhenti berfikir dan hanya menyerah sampai disitu saya kira juga bukan keputusan yang arif. Dan adalah naluri manusia untuk mencari penghasilan lebih, apalagi jika hidup di kota besar yang apa saja serba mahal.

Mencari penghasilan tambahan bisanya dilakukan oleh orang-orang yang berstatus karyawan atau PNS selepas jam kantor. Kita tahu, penghasilan seorang karyawan atau PNS mungkin cukup kalau hanya untuk mengontrak rumah dan makan sehari-hari, namun jika kita ingin membayar uang muka rumah, atau jika kita ingin menyekolahkan anak dengan biaya pendidikan yang melangit itu, tentu tidak akan cukup.

Etung-etungan dengan seorang rekan, penghasilan sebuah keluarga mungkin bisa dibilang cukup jika dia memperoleh gaji 7,5 juta sebulan. Dengan uang sebesar itu paling tidak kita bisa membayar cicilan rumah sederhana, menyekolahkan anak, menyisihkan sedikit uang untuk orang lain, dan oh iya, mungkin bisa untuk tabungan haji :).

Penghasilan seorang karyawan lulusan S1 di Surabaya mungkin berkisar antara 1 sampai 2 juta per bulan. Atau rata-rata 1,5 juta-an. Karena itu agar bisa bertahan sering Ayah dan Ibu keduanya harus bekerja. Jika seorang ayah mengantongi 1,5 Juta sedangkan Ibu 1 Juta maka total 2,5 juta. Namun karena berbagai pertimbangan, terutama karena anak masih kecil, maka biasanya diputuskan ibu bertugas mengasuh anak di rumah. Nah inilah yang menyebabkan orang berfikir untuk mencari penghasilan tambahan.

Hari-hari ini terlintas di fikiran saya tentang penghasilan tambahan itu. Saya bekerja pukul 8.30 sampai 17.00. Berarti saya mempunyai waktu malam hari plus hari Sabtu dan Minggu. Karena memanfaatkan waktu sisa, maka tentu saja kita harus mencari kerja sampingan yang tidak terlalu terikat oleh waktu sehingga bisa dikerjakan saat senggang dan mod.

Terlintas alternatif kerja sampingan yang bisa menjadi pertimbangan.

Ngoding

Ya, saya memang bisa melakukan pekerjaan membuat website dan memang pernah mencobanya, tapi akhirnya saya putuskan untuk mengakhirinya - nggak tahu nanti kalau kepepet nggak punya uang -. Saya merasa kelelahan memanfaatkan waktu sisa saya untuk coding. Lebih baik nggak dapat tambahan uang daripada saya dikejar-kejar deadline dalam waktu sempit.

Berwiraswasta

Mendirikan studio photo misalnya. Tapi kelihatannya perlu modal juga. Beli Photo dan lain-lainnya mungkin tidak kurang dari 15 Juta. Cukup berat bagi saya, apalagi saya tidak suka ngutang untuk usaha. Beberapa rekan akhirnya terlilit hutang karena hal-hal yang seperti ini. Jika belum matang benar, saya tidak suka berhutang untuk usaha. Apalagi cari utangan juga susah kan ?

Kalau wirusaha model begini kelihatanya bukan kita sendiri yang akan mengelolanya. Butuh bantuan orang yang bisa bekerja full time.

Ide ide seperti cetak foto pada kaos, muk, dan asesoris lainnya bukan hal buruk. Jika di kota besar sudah banyak, mungkin bisa ke kota yang lebih kecil. Kuncinya banyak kenalan.

Jual Barang di Internet

Sebenarnya gampang membuat sistem dan aplikasi jualan di internet, modalnya juga tidak terlalu mahal. Namun saat ini saya belum menemukan barang yang cocok untuk saya jual di internet.

Menulis di Koran


Ini ide bagus juga. Saya kira, kalau dipaksa mungkin bisa juga. Apalagi tulisan-tulisan Nurhadi banyak membantu kita untuk menulis di koran. Tentang fee nya ? Tanya aja Nurhadi :)

Menulis Buku

Ini yang agak berat. Tapi saya fikir sangat mungkin. Banyak topik-topik PHP yang bisa diangkat. Juga beberapa tools opensource lain yang belum ditulis orang, seperti Wordpress, Scilab dan sebagainya.

Sebenarnya mungkin masih banyak ide-ide yang lain. Anda mempunyai ide ? Atau mungkin sukses dengan kerja sampingan anda, share dong.

15 komentar:

  1. Sayang kita tinggal di negara yang udah black list untuk transaksi maya, di sini transaksi lewat ebay jadi salah satu mata pencaharian utama ibu rumah tangga, asik lho, tinggal list barang yang mau dijual, mau baru boleh, bekas malah lebih banyak. Btw, transaksi di ebay ga harus pake credit card lho... :P

    Kayaknya kalo waktu kita terbatas karena nyambi jadi pegawe juga (eh kebalik ya?) jalan yang mudah invest ke usaha temen yang dipercaya deh, karena kalo yang namanya start usaha butuh komitmen tinggi yang cukup sulit kalo cuma disambi, hehe sok tau...

    Saya juga lagi muter otak cari ide usaha soalnya pak...

    BalasHapus
  2. kalau dah nemu ide, woro2 kang.... kali2 bisa ngikut...:)
    btw, blog kang Roni ini mungkin bisa jadi inspirasi dan rekan diskusi, baik orangnya *sejauh saya kenal ya: http://roniyuzirman.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Wah...loh..loh. Sebenernya (buka rahasia ini), fee menulis artikel di koran itu gak seberapa kok, tapi untuk ukuran mahasiswa sudah lebih dari cukup.

    Saya tunggu usahanya kang, mudah2an sukses, kalo bisa sy mbok di ajak :)

    BalasHapus
  4. Ente digaji pake uang Euro cak?

    BalasHapus
  5. #1 Wah enak kalau bisa begitu yah ? kapan ya di Indonesia bisa ?
    #4 Ngenyeek, huuuuuuu

    BalasHapus
  6. nek aku nyoba privat komputer iso nggo tambah susune izaz. neng bogor mgajar office 1,5 jam 50 rb lumayan kan :))

    BalasHapus
  7. mencari uang tambahan agar hidup cukup ?........, hmm sangat2 relatif

    ini ada artikel bagus bahwa penghasilan cukup itu = relatif
    http://sepia.blogsome.com/2006/05/07/tukang-becak-naik-haji-kisah-wahid-yang-cerdas-finansial/

    idealnya sbg seorang Muslim, qta memang harus kaya dengan berprinsip kpd "khoirukum anfauhum linnas", sebaik2nya manusia adalah manusia yg bermanfaat bagi orang lain

    so ?

    CMIIW

    BalasHapus
  8. setuju pak'e... lama lama kalo penghasilan tambahannya lebih maju, malah bisa jd penghasilan utama loh :D

    BalasHapus
  9. Mau bisnis , kenapa bingung ??? modal 300 ribu tanpa resiko !!! untuk dapat penghasilan tambahan. Segera hubungi 91319749

    BalasHapus
  10. wah satu lagi blog bagus nih, salut ke owner deh, semoga ini menjadi masukan yang bermanfaat bagi semua pembacanya. amien.

    BalasHapus
  11. assalamu'alaikum wr wb

    piye kabare? selamat ya...blognya bagus banget, nemu dr situs alumni its.
    kapan nambah anak? surabaya tinggal dimana? yudhi ning endi?

    BalasHapus
  12. gmn cr kerjanya ya.. pak???

    BalasHapus
  13. Infonya bermanfaat, kenapa ga nyoba berpenghasilan secara online ? Barusan saya dapet info menarik di Advibrance dan banyak juga produk yg bisa dijual :
    http://ummughozy.com/2008/09/24/advibrance-sumber-penghasilan-baru/

    BalasHapus
  14. CERMATI BISNIS INI, BAGAIMANA CARA MENGHASILKAN UANG TERUS MENERUS MENGALIR KEDALAM REKENING ANDA. Bergabunglah dan bersiaplah untuk mendapatkan uang lebih banyak dari sekarang. Anda tidak akan pernah sukses jika anda tidak berani melangkah dan tidak mau mengambil kesempatan. Ini adalah fakta kehidupan.
    MILIKI SEGERA PANDUANNYA DISINI!

    BalasHapus

ShareThis

Search in this Blog